Foto Saya
Nama:
Lokasi: Sumenep/Surabaya

Seorang Anak Manusia yang terlahir dari rahim Cinta Kasih Ibu Bapak untuk Menyinari jagat raya dengan membangun KePercayaan

Minggu, 11 Januari 2009

MENULIS ADALAH AKTIFITAS NYATA (KONKRET)

"Semua harus ditulis. Apa pun.... Jangan takut tidak dibaca atau diterima penerbit. Yang penting tulis, tulis dan tulis. Suatu saat pasti berguna." (Pramoedya Ananta Toer, Menggelinding 1, 2004).

Buku Balthasar´s Odyssey karya penulis Lebanon Amin Maalauf.

Tokoh utamanya Balthasar--ketika jurnal hariannya ludes saat kebakaran hebat di Kota London--bertekad: "Bagaimanapun penaku harus berdiri dan terus bergerak di atas kertas. Tak peduli apakah buku itu akan bertahan lama atau hangus dilalap api, aku akan tetap menulis aku akan terus menulis."

saya mengutip perkataan orang  yang telah banyak malang melintanf di dunia kepenulisan seperti di atas ini, agar saya bica kecipratan semangatnya. karena mutivasi itu sangat penting. 

saya yakin banyak penulis terkenal yang secara teori kurang menguasi. karena dunia tulis menulis bukan dunia teori. tetapi praktek.

makanya banyak sekali orang yang belajar metode menulis yang baik dan benar. tatapi tidak punya karya tulis. dia telah terjebak pada kaidah dan kebakuan tertentu. akhirnya dia menjadi pengamat atau kritikus sebuat tulisan di media tertentu atau bisa juga menjadi kritikus sastra.

ingin jadi penulis, ya menulis! bukan malah berteori dan berdebat.

menulis dan menulis. sekecil apapun gagasan itu,  harus di tulis...

Intinya, benar apa yang ditulis Pramoedya Ananta Toer. Apapun harus ditulis. Jangan berpikir tulisan itu berguna atau tidak, untuk pribadi atau konsumsi publik, sesuai kaidah atau tidak. Yang penting tetap tulis dan tulis. Paling tidak berguna untuk diri sendiri.[]

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda